Pengendalian Hama Pada Kacang Tanah

Assalam Mualaikum Wr.Wbr
Hai Sahabat, Bagaimana Kabarnya nih, Semoga dalam keadaan sehat selalu. 

Sahabat dalam kesempatan hari ini saya akan menulis tentang Pengendalian Hama Terpadu Pada Tanaman Kacang Tanah. semoga blog ini semoga bermanfaat untuk sahabat.
Pengendalian Hama Pada  Kacang Tanah
Dalam Pengendalian Hama Terpadu Pada Tanaman Kacang Tanah ada beberapa teknik yang kita ketahui antara lain :

Konsep dan Implementasi PHT
Apa PHT ?
PHT singkatan dari “Pengendalian Hama Terpadu” dengan bahasa Inggrisnya“

Integrated Pest Management
PHT tidak diartikan pengelolaan sebab pengelolaan erat berhubungan dengan bisnis, mengelola suatu perusahaan dengan berbagai cara supaya perusahaan makin berkembang, PHT sebaliknya supaya hama diturunkan berada dibawah ambang ekonomi.

Apa arti Konsep PHT:
PHT adalah pendekatan pengelolaan secara ekologik yang multidisiplin terhadap populasi hama yang memanfaatkan beraneka ragam taktik pengendalian secara kompatibel dalam satu kesatuan koordinasi sistem pengelolaan.

PHT dalam konsep sangat sulit dibawa ke lahan petani, sebab PHT dalam konsep hanya ada pada tingkat Policy Maker atau para kebijakan yang berada di tingkat pusat sampai kabupaten (OTDA).

Apa Implementasi PHT
Teknologi atau cara melaksanakan PHT yang langsung dapat dipraktekan di lahan petani. PHT Implementasi ini berada di tingkat kecamatan dan desa.

Pembentuk Agroekosistem Individu
Populasi : Individu dari organisme yang sama hidup bersama
Komunitas: Populasi dari spesies yang berbeda hidup bersama
Ekosistem : Komunitas dipengaruhi oleh lingkungan fisik yang kita sebut semacam sistem yang komplek dari faktor biotik dan abiotik
iome : Ekosistem regional dengan komunitas komunitas yang serupa
Biosphere : Bagian tanah yang ditempati makhluk hidup beroperasi
Hama
adalah serangga atau hewan mamalia yang keberadaannya menimbulkan kerusakan pada tanaman budidaya atau produknya yang menimbulkan kerugian ekonomi. Contoh Hewan mamalia (Tikus) dan serangga (ulat grayak Thrips, penggerek polong, dsb).

strategis
adalah sifat serangga hama yang mempunyai tingkat perkembangbiakan yang tinggi, mempunyai kemampuan memencar dengan baik, tidak bersifat kompetitor sesamanya, mudah dan cepat berkolonisasi

strategik
adalah sifat serangga hama yang mempunyai tingkat perkembangbiakan yang rendah, mempunyai kemampuan memencar yang rendah, bersifat kompetitor sesamanya, tidak mudah dan lambat berkolonisasi.

Monitoring dengan cara sampling dan perangkap
Tujuan
Peserta mampu membedakan hama atau bekas serangan hama, menghitung populasi/kerusakan, menetapkan ambang ekonomi, dan mengambil keputusan.


Apa monitoring
Monitoring adalah usaha untuk mengetahui populasi hama yang ada pada tanaman dengan pengambilan contoh rumpun tanaman, menggunakan lampu perangkap, sticky trap, yellow pan trap dll. Monitoring dilaksanakan sebagai dasar pengambilan keputusan pengendalian.

Teknik monitoring dengan menghitung langsung
Ambil 20 rumpun arah diagonal amati seluruh hama dalam bentuk populasi (hama ulat pemakan daun, pemakan polong dan musuh alaminya). Amati semua daun yang rusak akibat (pelipat daun, hydrelia, ulat gerayak).
Analisis populasi hama dalam jumlah hama/rumpun, hitung persentase kerusakan daun/polong

Lakukan pengendalian dengan insektisida yang direkomendasikan bila sudah mencapai ambang ekonomi atau lebih Pengendalian menggunakan cendawan seperti Metarhizium anisopliae dan Beauveria Bassiana serta NPV pada saat populasi hama atau persentase kerusakan oleh hama
di bawah ambang ekonomi.

Teknik Monitoring dengan lampu perangkap.
Amati setiap malam penerbangan kupu-kupu :
kupu pemakan daun (ulat grayak, ulat jenkal, ulat buah).
Hasil tangkapan dapat dipakai sebagai ramalan datangnya populasi hama yang membahayakan di pertanaman kedelai.

Ambang ekonomi
Apa itu ambang ekonomi:
Ambang ekonomi adalah kerapatan populasi hama atau persentase kerusakan akibat hama yang membutuhkan tindakan pengendalian untuk mencegah meningkatnya populasi yang dapat mencapai tingkat luka ekonomik.
Untuk lebih jelasnya silakan clik modul  Pengendalian Hama Terpadu Pada Tanaman Kacang Tanah 
Sumber Arief Harsono (Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian Malang)


0 Response to "Pengendalian Hama Pada Kacang Tanah"

Post a Comment